Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Pj Bupati Buton Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sunday, 2 June 2024 | 10:23 am
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 45
Cakraindonesia.co.id, Buton – Pj. Bupati Buton La Haruna, S.P., M.Si., bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan Upacara Peringatan Hari Peringatan Pancasila Tahun 2024 tingkat Kabupaten Buton di Alun-alun Takawa, Pasarwajo, pada Sabtu, (1/6/2024)
 
Turut hadir dalam Upacara, Ketua DPRD Buton, Ny. Hj. Wa Ode Nurnia Kahar, S.H., Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo, Sekda Kab. Buton Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si., mewakili Dandim 1413 Buton, dan para Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton.
 
Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Buton, Ny. Wa Ode Nurnia Kahar, SH membacakan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara. Sedangkan Teks UUD 45 dibacakan Asiste Administrasi Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Buton, Alimani, SSos, MSi.
 
Dalam amanatnya Pj. Bupati Buton membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang mengatakan bahwa tanggal 1 Juni 2024 merupakan Hari Lahir Pancasila ketika Bung Karno, sebagai proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan (BPUPK).
 
“Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ucapnya.
 
Pj Bupati Buton juga mengatakan bahwa kita bersyukur sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.
 
“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” katanya.
 
Lanjutnya bahwa Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
 
“Lebih dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan pancasila dengan metode dan cara- cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” ucapnya.
 
Kepala Dinas Perkebunan dan Holtilkultura ini mengatakan bahwa kita patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.
 
“Mengakhiri pidato ini, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah pancasila melalui peringatan hari lahir pancasila 1 juni. kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila. semoga peringatan hari lahir pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan pancasila demi indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. semoga allah subhanahu wa ta’ala tuhan yang maha esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara indonesia,” tutupnya. (Red)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.