Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Pemdes Suandala Gelar Pesta Adat Syukuran Akhir Tahun

Saturday, 30 December 2023 | 9:35 am
Reporter: Redaksi
Posted by: admin
Dibaca: 143

Cakraindonesia.co.id, Buton – Pemerintah Desa (Pemdes) Suandala, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, menggelar pesta adat syukuran akhir tahun, pada Sabtu (23/12/2023).

Hadir dalam giat tersebut Pj Bupati Buton yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buton, Murtaba Muru.

Dalam sambutannya, Murtaba menyampaikan beberapa pesan Pj Bupati Buton kepada masyarakat Suandala.

“Titipan beliau adalah 3 saja, program nasional. Yang pertama adalah menyangkut inflasi. Yang kedua menyangkut kemisikinan ekstrim. Kebetulan ada pak Camat dan para kepala Desa, tolong liat warganya yang sudah tidak ada lagi rumahnya,” kata Murtaba.

Ia mengungkapkan, masih ada sekitar ratusan Kepala Keluarga (KK) di Buton yang masih tergolong keluarga miskin dengan tingkatan ekstrim.

“Jangan adalagi di Desa bapak-bapak, karena masih ada 800 KK, 800 jiwa di Buton ini masih di anggap ekstrim. Itu yang kita mau hapus,” ungkapnya.

Selain kemiskinan ekstrim, Mustaba menyebut, stunting dan pelayanan publik juga menjadi perhatian serius pemerintah saat ini.

“Tentu yang paling penting adalah stunting. Yang terakhir adalah pelayanan publik. Para kepala Desa bisa melayani semua. Jangan ada kantor Desa yang baru jam 9 sudah tutup,” tegas Murtaba.

Sementara itu, Camat Lasalimu, La Ode Zahaba, mengatakan bahwa pesta adat syukuran akhir tahun tersebut merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan.

“Rangkaian pesta adat di Kecamatan Lasalimu telah kita laksanakan, ini merupakan rasa syukur dan penghormatan kita kepada leluhur kita,” tuturnya.

“Pada kesempatan hari ini juga kita patut bersyukur, masih kita merayakan kegiatan ini yang tahun kemarin tetap kita laksanakan. Pesta adat ini mesti kita lestarikan,” pungkas La Ode Zahaba. (Red)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.