Cakra Indonesia
NEWS TICKER

GEMPA M 3,4 GUNCANG WILAYAH EREKE BUTON UTARA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Thursday, 23 April 2020 | 6:18 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 1004
Titik Pusat Gempa

Cakraindonesia.co.id, Butur– Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,4 mengguncang Wilayah Ereke, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, pada kamis 23/04/2020 pukul 16:39:46 WITA.

Berdasarkan data BMKG, episentrum gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 4.68 LS, 123.14 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 24.0 km, Timur Laut Buranga Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang ada di daerah Buton Utara.

Dilaporkan, guncangan gempa tersebut, dirasakan di Ereke II-III MMI. Hingga berita ini terbit, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 17:10 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” imbau BMKG dalam rilisnya.

Penulis: Habirun

Posted in Uncategorized

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.