Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Sebanyak 17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir

Sunday, 16 June 2024 | 7:43 am
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 97
Sejumlah rumah di Kabupaten Banggai Laut terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 cm sejak Kamis (13/6/2024)/ dok. BPBD Kabupaten Banggai Laut

Cakraindonesia.co.id, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, sebanyak 17 kepala keluarga (KK) dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah pada Kamis (13/6/2024).

“Hujan dengan intensitas tinggi pada malam sebelumnya menyebabkan peningkatan debit air sungai hingga meluap ke pemukiman warga. Terdapat empat desa dan satu kelurahan di Kecamatan Banggai, satu desa di Kecamatan Banggai Selatan, dan empat desa di Kecamatan Banggai tengah terdampak banjir ini,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keyeranganya, Sabtu (15/6/2024).

Tinggi muka air di lokasi terdampak antara 20-50 sentimeter. Tingginya genangan air menyebabkan sebanyak 111 unit rumah dan satu fasum terdampak.

Berdasarkan laporan yang diterima Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kondisi mutakhir pada Jumat (14/6/2024) pukul 19.00 WIB, hujan masih berlangsung dengan intensitas sedang.

BPBD Kabupaten Banggai Laut tengah melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat.

Hal itu guna memastikan langkah penanganan banjir berjalan dengan baik. Kebutuhan mendesak saat ini di lapangan antara lain makanan siap saja, air bersih, dan jaringan listrik.

BNPB mengimbau masyarakat setempat untuk tetap waspada akan adanya potensi risiko banjir susulan mengingat prakiraan cuaca BMKG menunjukkan wilayah Kabupaten Banggi Laut berpotensi hujan dengan intesitas ringan hingga tinggi sampai dengan hari Minggu (16/6/2024).

 

Sumber: infpublik.id

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.