Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Tuesday, 21 May 2024 | 10:43 am
Reporter: Redaksi
Posted by: admin
Dibaca: 60
Ilustrasi

Cakraindonesia.co.id – Musik merupakan seni yang terbentuk dari kumpulan suara dan irama yang selaras atau harmonis. Siapa sih yang tidak perna mendengarkan musik? Saat bosan atau suasana terlalu sepi, banyak orang memilih mendengarkan musik sambil beraktivitas.

Tapi apakah kalian tahu, ternyata kebiasaan mendengarkan musik bisa memberikan manfaat Kesehatan fisik dan mental

Berikut tujuh kegunaan mendengarkan musik bagi kesehatan fisik dan mental, dilansir dari laman tribratanews.polri.go.id, Selasa (21/5/24).

1. Menyehatkan jantung
Penelitian menunjukkan bahwa aliran darah lebih lancar saat seseorang mendengarkan musik. Menikmati musik juga dapat menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar hormon stres) serta meningkatkan serotonin dan endorfin.

2. Meningkatkan suasana hati
Musik dapat meningkatkan produksi hormon dopamin di otak. Peningkatan produksi dopamin ini membantu meredakan perasaan cemas dan depresi. Musik diproses langsung oleh amigdala, yaitu bagian otak yang terlibat dalam suasana hati dan emosi.

3. Mengatasi rasa sakit
Dengan mengurangi tingkat stres dan memberikan stimulus persaingan yang kuat terhadap sinyal nyeri yang masuk ke otak, terapi musik dapat membantu manajemen nyeri. Musik dapat mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan, terutama pada perawatan geriatri, perawatan intensif, atau pengobatan paliatif.

4. Menghilangkan stres dan redakan depresi
mendengarkan musik dapat menghilangkan stres dengan memicu pengurang stres biokimia. Musik juga bisa meredakan gejala depresi. Saat sedih, mendengarkan musik dapat membantu membangkitkan semangat.

5. Merangsang ingatan
Belum ada obat untuk menangani penyakit Alzheimer atau demensia, namun terapi musik telah terbukti mampu meringankan beberapa gejalanya. Terapi musik dapat menenangkan pasien yang gelisah, merangsang memori, dan membuka komunikasi dengan pasien.

6. Membantu mengatur kebiasaan makan
Memutar musik lembut sebagai latar belakang dan meredupkan lampu saat makan disebut dapat membantu orang memperlambat kecepatan saat makan. Pada akhirnya, seseorang akan mengonsumsi lebih sedikit makanan dan mengatur kebiasaan makan.

7. Meningkatkan daya tahan saat olahraga
Mendengarkan lagu-lagu favorit saat berolahraga dapat meningkatkan kinerja fisik dan meningkatkan daya tahan selama sesi olahraga. Tarik napas dalam-dalam dan nikmati beragam musik atau alunan suara yang membuat diri menjadi lebih fokus.

 

Sumber: tribratanews.polri.go.id

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.