Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Saturday, 18 May 2024 | 5:44 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 61
Ilustrasi

Cakraindonesia.co.id – Daun sirih merupakan tumbuhan obat tradisional disekitar kita yang dikenal dengan nama ilmiah Piper Beter yang dikenal karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dari rang tua sejak dahulu sudah menggunakan daun sirih sebagai metode pengobatan tradisional, dan hingga kini manfaat daun masih terkenal dan mujarab bagi sejumlah orang.

Berikut lima manfaat daun sirih:

1. Mencegah Kanker
Manfaat yang pertama adalah bisa mencegah penyakit kronis.
Dalam kandungannya daun sirih memiliki fitokimia yang tinggi, karena Kandungannya anti bakteri, antioksidan, anti proliferatif dan anti mutagenik bisa menangkal sel kanker.

2. Menyehatkan Mulut dan Gigi
Daun sirih juga bisa menyehatkan mulut dan gigi.
Hal ini bisa kita temukan di perkampungan atau nenek dan kakek kalian, dan banyak orang tua zaman dahulu menggunakan daun sirih untuk menyehatkan mulut dan giginya.

3. Menyembuhkan Luka
Daun sirih juga bisa menyembuhkan luka di tubuh, dengan cara bisa tumbuk terlebih dahulu daun sirih dan oleskan ke luka.

4. Menurunkan Kadar Gula
Daun sirih bisa menurunkan kadar gula, banyak pengidap diabetes menggunakan daun sirih untuk meredakan penyakitnya. Caranya, bisa rebus daun sirih dan air rebusan tersebut bisa langsung diminum.

5. Baik untuk Pencernaan
Manfaat yang terakhir adalah untuk kesehatan pada pencernaan. Rebusan air dari daun sirih ini baik sebagai obat alami atau herbal. Khasiatnya sangat bagus untuk kesehatan usus dan pencernaan.

 

Sumber: Tribratanews.polri.go.id

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.