Cakra Indonesia
NEWS TICKER

7 Manfaat Sirsak bagi Wanita

Saturday, 18 May 2024 | 5:59 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 66

Cakraindonesia.co.id – Manfaat buah sirsak tak perlu diragukan lagi. Buah dengan nama latin Annona muricata ini mengandung karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, fosfor, protein, kolin, serta vitamin B dan vitamin C.

Khusus bagi wanita, sering mengonsumsi buah sirsak bisa memberikan banyak kesehatan tubuh secara umum, kecantikan, serta kesuburan.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (10/5/24), berikut sederet manfaat sirsak bagi wanita, antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ingin tubuh sehat dan kuat melawan penyakit? Coba deh rutin mengonsumsi buah sirsak. Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam buah yang memiliki rasa manis, asam, dan segar ini sangat melimpah. Kedua nutrisi tersebut sangat baik untuk mendukung sistem imun tubuh sehingga kamu nggak gampang sakit.

2. Mencegah sembelit

Sama seperti buah jenis lainnya, buah sirsak mengandung serat yang baik untuk menjaga saluran cerna dan melancarkan BAB, sehingga bisa mencegah sembelit. Tak hanya itu, sirsak juga mengandung prebiotikyang baik untuk menjaga jumlah bakteri baik di dalam usus dan melancarkan pencernaan.

3. Mengurangi berat badan

Tak hanya bisa mencegah sembelit, kandungan serat pada buah sirsak juga membuat perut kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan. Dengan nafsu makan yang lebih terkontrol, keinginanmu untuk ngemil makanan tidak sehat pun akan berkurang.

Bagi kamu yang sedang melakukan diet dan ingin mengurangi berat badan, rutin mengonsumsi buah sirsak atau mengolahnya menjadi jus bisa menjadi pilihan, nih. Selain daging buahnya saja, bahkan daun sirsak yang diseduh menjadi air rebusan atau teh juga memiliki manfaat yang baik untuk memangkas berat badan, lho.

4. Mengatasi kram kaki

Manfaat buah sirsak untuk wanita selanjutnya adalah meringankan kram kaki. Kandungan kaliumnya yang melimpah memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan otot dan saraf sehingga bisa mengurangi keluhan kram.

Manfaat ini juga bisa dirasakan oleh wanita hamil yang sering mengalami kram kaki, khususnya pada trimester kedua dan ketiga.

5. Meningkatkan peluang kehamilan

Asupan antioksidan yang cukup diketahui bisa menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dan meningkatkan kesuburan. Dengan begitu, rahim yang sehat dan kuat pun bisa dipersiapkan sebagai rumah calon bayi.

Tak hanya meningkatkan peluang hamil, rutin mengonsumsi antioksidan dan vitamin C yang berasal dari buah-buahan, termasuk buah sirsak, juga diketahui bisa mencegah anemia atau kurang darah. Dengan begitu, tubuh wanita akan lebih siap untuk hamil.

 6. Mengurangi keluhan morning sickness

Buah sirsak mengandung kalium, natrium, dan vitamin B6. Ketiga nutrisi ini terbukti bisa membantu mengurangi keluhan morning sickness yang sering dialami wanita hamil pada trimester pertama. Namun, rasa asam dari buah ini mungkin bisa membuat perut jadi kurang nyaman bagi wanita yang memiliki riwayat GERD.

Karena hal itu, jika keluhan mual yang dirasakan ibu hamil justru kambuh atau makin parah setelah makan sirsak, sebaiknya pilih buah-buahan lain, ya.

7. Mencegah anemia

Wanita berisiko tinggi mengalami anemia, terutama wanita yang sedang hamil, menyusui, atau yang sering perdarahan berlebihan ketika menstruasi. Kondisi ini menimbulkan beragam gejala, seperti mudah lelah, sering pusing dan sakit kepala, kulit terlihat pucat, serta tangan dan kaki terasa dingin.

Untuk mencegah kondisi ini, kamu bisa memanfaatkan buah sirsak, nih. Soalnya, buah sirsak mengandung folat yang diketahui berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia defisiensi folat. Sirsak juga kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan penyerapan zat besi sehingga tubuh bisa terhindar dari anemia.

 

Sumber: tribratanews.polri.go.id

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.