Cakra Indonesia
NEWS TICKER

5 Penyebab Gusi Berdarah

Saturday, 18 May 2024 | 5:55 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 66

Cakraindonesia.co.id – Gusi berdarah merupakan gejala paling umum dari penyakit gusi, tetapi ia bisa menunjukkan masalah kesehatan lainnya. Penyebab gusi berdarah juga sesekali dapat disebabkan oleh hal sepele.

Perlu diketahui, perdarahan gusi yang sering tidak boleh dibiarkan. Karena dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius seperti periodontitis (bentuk lanjut dari penyakit gusi), leukemia (kanker darah), kekurangan vitamin, dan kekurangan sel pembekuan (trombosit).

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (13/5/24), berikut sederet penyebab gusi berdarah dan cara mengatasinya, antara lain:

1. Kebersihan Gigi dan Mulut yang Kurang Baik

Kebiasaan menyikat gigi yang kurang konsisten atau melakukannya dengan tidak benar bisa menyebabkan radang gusi atau gingivitis. Nah, perdarahan pada gusi ini adalah gejala awal gingivitis. Kondisi ini perlu untuk segera ditangani agar tidak berkembang menjadi periodontitis.

Penyakit periodontal adalah infeksi pada jaringan yang akan menahan gigi pada tempatnya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang buruk yang memungkinkan timbulnya plak, yakni lapisan bakteri yang lengket, menumpuk di gigi dan mengeras.

Jadi, kamu harus membiasakan diri untuk menyikat gigi dengan rutin setidaknya di pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Karang Gigi

Plak yang menumpuk bisa berubah dan mengeras menjadi karang gigi. Kondisi ini tidak dapat hilang dengan hanya menyikat gigi. Untuk mengatasi gusi berdarah akibat penumpukan karang gigi, maka kamu harus mendatangi dokter gigi secara rutin setidaknya enam bulan sekali untuk melakukan perawatan pembersihan plak dan karang gigi.

Plak dan karang gigi ini yang menyebabkan bakteri di sekitar gigi berkembang. Selain itu, jika tidak ditangani maka ia bisa menyerang gusi dan menyebabkan pembengkakan. Gusi yang lemah ini kemudian dapat berdarah ketika kamu menyikat gigi atau bahkan ketika makan.

3. Merokok

Kebiasaan merokok tembakau nyatanya menjadi salah satu penyebab gusi tidak berfungsi secara normal serta meningkatkan risiko gingivitis. Jika tidak diobati, maka ia akan menyebabkan periodontitis.

Ini karena kebiasaan merokok mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh. Alhasil, ini akan membuat tubuh lebih sulit untuk melawan infeksi gusi. Setelah kamu mengalami kerusakan gusi, merokok juga membuat gusi jadi lebih sulit sembuh. Dalam kasus yang parah, kondisi ini bisa membuat gigi tanggal.

4. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Kamu akan mengira menyikat gigi terlalu kasar bisa mengangkat plak yang ada, padahal ini malah bisa menyebabkan gusi berdarah. Sebaiknya kamu menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut untuk membersihkan gigi sekaligus merawat gusi.

5. Kekurangan Vitamin C.

Meskipun ini adalah penyebab yang kurang umum, tetapi kekurangan vitamin C dalam jumlah besar bisa berpengaruh pada gusi dan menyebabkan perdarahan. Oleh karena itu, kamu bisa konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C, dan pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin untuk mengatasinya.

 

Sumber:tribratanews.polri.go.id

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.