Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Sekda Pimpin TPID Buton ikut Rakor Via Zoom dengan Pemerintah Pusat

Thursday, 4 January 2024 | 9:24 am
Reporter: Redaksi
Posted by: admin
Dibaca: 110

Cakraindonesia.co.id, Buton – Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin mewakili Pj. Bupati Buton mengikuti Rakor Rakor TPID via zoom dengan pemerintah pusat di Anjungan Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Buton, Takawa, (3/1/2024).

Rakor TPID ini juga melibatkan unsur Forkopimda Kabupaten Buton, Kepal;a BPS Kabupaten Buton.

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi minggu pertama bulan Januari tahun 2024 ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Jend. Pol. (Purn) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D. Dalam kesempatan itu, Mendagri mengatakan berdasarkan survey ada dua isu utama di masyarakat, yaitu lapangan pekerjaan dan masalah stabilitasi bahan pangan. Gejolak-gejolak yang lain di berbagai negara juga dipicu masalah pangan, sehingga hal ini menimbulkan gejolak keamanan dan politik.

“Jangan bosan dalam penanganan inflasi karena ini menyangkut stabilisasi bahan pangan,” kata Tito.

Ia juga menjelaskan, perkembangan inflasi global, Indonesia menduduki posisi ke 53 dari 186 negara didunia, peringkat ke-7 dari 24 Negara G20, dan peringkat ke-4 dari 11 Negara ASEAN.

“Berdasarkan data yang dihimpun dari BPS, maka tingkat inflasi bulan kebulan (Desember 2023 terhadap November 2023) sebesar 0,41%, sedangkan inflasi tahun ke tahun dan inflasi tahun kalender (Desember 2023 terhadap Desembwr 2022) sebesar 2,61%,” jelas Mendagri Tito Karnavian.

Maka dapat disimpulkan, tingkat Inflasi Bulanan Desember 2023 lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, sedangkan tekanan inflasi tahunan lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

Usai Rakor TPID Sekda Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi di hadapan TPID Buton mengingatkan strategi yang dilakukan tim TPID Kabupaten Buton dalam menekan inflasi yaitu dengan pemantauan (sidak) ketersediaan stok dan pergerakan kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar dan distributor yang ada di Kabupaten Buton terutama di Pasar Kaloko dan Pasar Sabo, yang ada di kecamatan Pasarwajo, Ibu kota Kabupaten Buton.

Selain itu, TPID juga berkoordinasi dengan stakeholder untuk kegiatan stabilisasi pasokan dan harga pangan melalui operasi pasar atau pasar murah.

TPID Kabupaten Buton bakal mencanangkan menanam bersama di setiap hari Jum’at dan memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong yang ada di kompleks perkantoran Takawa terutama menanam cabe yang saat ini mempengaruhi angka inflasi. (Red)

 

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.