Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Sederet Penyebab Betis Terasa Pegal

Sunday, 26 May 2024 | 9:50 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 44

Cakraindonesia.co.id – Pegal merupakan sensasi kekakuan, ketidaknyamanan, atau nyeri pada otot. Kondisi ini bisa muncul di seluruh bagian tubuh, termasuk betis. Betis memiliki dua jenis otot, yaitu gastrocnemius dan soleus. Otot tersebut disambungkan dengan tendon Achilles, yaitu urat besar di belakang pergelangan kaki yang melekat pada tulang tumit.

Jika kedua atau salah satu otot tersebut mengalami ketegangan dan kelelahan, akan muncul rasa pegal di betis yang bisa menjalar hingga ke area sekitarnya.

Betis pegal umumnya dapat sembuh sendiri dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, untuk mengurangi rasa tidak nyaman, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (22/5/24), berikut sederet penyebab betis pegal, antara lain:

1. Berdiri terlalu lama

Betis pegal dapat disebabkan oleh berdiri terlalu lama. Hal ini terjadi karena berdiri membuat otot-otot betis bekerja lebih keras untuk menopang beban tubuh. Jika dilakukan dalam waktu yang lama, otot-otot betis dapat mengalami kelelahan, sehingga betis akan terasa pegal.

2. Olahraga berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru bisa menyebab betis pegal. Ini karena olahraga berlebihan bisa membuat otot-otot di sekitar betis berkontraksi secara berlebihan atau kram dan akhirnya menyebabkan pegal.

Risiko betis begal bisa semakin tinggi apabila Anda melakukan jenis olahraga yang banyak melibatkan betis, seperti lari dan melompat.

3. Cedera

Cedera bisa menjadi salah satu penyebab betis pegal. Aktivitas berlebihan atau gerakan yang salah saat berolahraga dapat menyebabkan peradangan pada tendon Achilles (Achilles tendinitis).

Saat tendon yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit ini mengalami peradangan, keluhan berupa nyeri dan otot kaku pada betis akan muncul. Kondisi ini akhirnya membuat beberapa aktivitas, seperti berjalan atau berlari, menjadi tidak nyaman.

4. Deep vein thrombosis

Betis pegal juga dapat disebabkan oleh deep vein thrombosis (DVT) atau trombosis vena bagian dalam. Deep vein thrombosis merupakan penggumpalan darah pada pembuluh darah vena bagian dalam yang terdapat di paha dan betis.

Tak hanya membuat kulit pada betis berubah warna menjadi biru, deep vein thrombosis juga menyebabkan pembengkakan serta rasa pegal pada betis.

 

Sumber: tribratanews.polri.go.id

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.