Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Pemkab Buton Meeting Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup RPJMD dan RPJPD

Saturday, 21 October 2023 | 1:54 pm
Reporter: Redaksi
Posted by: admin
Dibaca: 260

Cakraindonesia.co.id, Buton – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton menggelar penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buton Tahun 2025-2030 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Buton Tahun 2025-2045.

Kick off meeting tersebut dibuka resmi oleh Pj Bupati Buton, La Ode Mustari, di aula kantor Bupati Buton, kompleks perkantoran Takawa, Pasarwajo, pada Rabu (18/10/2023).

Turut hadir dalam giat tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Buton, Asnawi Jamaludin, Asisten Perekonomian Pembangunan Sekretarita Daerah (Setda) Buton, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Buton, serta Camat se-Kabupaten Buton.

Giat tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen bersama dukungan pelaksanaan KLHS RPJMP Kabupaten Buton Tahun 2025-2030.

Dalam sambutannya, Pj Bupati La Ode Mustari menjelaskan, bahwa berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda, dalam Pasal 260 Ayat (1) menyatakan, daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yang terlebih dahulu disusun dalam KLHS.

Orang nomor satu di Kabupaten Buton itu menjelaskan, bahwa KLHS merupakan instrumen dasar pemerintah daerah untuk menganalisis secara sistematis, menyeluruh, dan partisipatif terkait kebijakan-kebijakan dari pusat maupun provinsi.

Selain itu, KLHS juga menjadi dasar untuk mengintegrasikan serta mensinkronkan berbagai kebijakan-kebijakan Pemerintah Lusat maupun Pemerintah Provinsi ke dalam dokumen RPJPD dan RPJMD.

Untuk itu, menurut Mustari, meeting KLHS menjadi sangat penting bagi Pemkab Buton. Karena dampaknya juga dapat dirasakan oleh generasi muda Kabupaten Buton kedepan.

 

Sekretaris Dewan (Sekwa) DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara itu ingin, penyusukan KLHS menjadi tanggung jawab bersama semua kompoten, khususunya dalam mengawal pelaksanaan pembangunan daerah, mulai dari proses perencanaan baik jangka panjang maupun jangka menengah, hingga pelaksanaan.

Mustari menyebut, Kabupaten Buton merupakan salah satu daerah di jazirah Sulawesi Tenggara yang kaya akan potensi, mulai dari kandungan alamnya seperti aspal, potensi perikanannya, hingga keberagaman budayanya yang sangat luar biasa.

Potensi alam yakni aspal misalnya, Buton menyimpan cadangan yang begitu banyak. Sehingga tidak heran, Buton menjadi salah satu daerah penghasil aspal terbesar di Dunia. Karena potensi itulah, pemerintah kini tengah mendorong, agar aspal Buton dapat mendunia.

Kemudian potensi perikanan. Buton merupakan salah satu daerah pesisir, yang memiliki luar laut yang begitu besar. Karena itu sebagian besar masyarakat Buton menggantungkan hidupnya dari hasil laut. Belum lagi kekayaan budayanya.

Sehingga daru semua potensi tersebut, Mustari yakin, dapat menjadi modal dasar pembangunan Buton kedepan. Semua potensi tersebut perlu diolah dan dikembangkan lebih baik lagi, khususnya aspal Buton.

Semua potensi yang ada Buton, menurut Mustari, akan menjadi berkah jika dalam pengelolaannya sesuai dengan aspek-aspek lingkungan, sehingga tetap berkesinambungan dan lestari.

Namun semuanya akan menjadi bencana jika dalam pengelolaannya tidak memikirkan efek-efek lingkungan. Untuk itu, perlu menyusunan yang matang, agar semua potensi yang ada di Buton terkelola dengan baik dan efektif.

Dengan tantangan dan kompleksitasi pembangunan ke depan yang semakin tinggi, sehingga tekanan pada penggunaan lahan, ilegal loging, ilegal minning, ilegal fishing akan menjadi momok yang menakutkan yang dapat memperbaharui keberlanjutan pembangunan.

Untuk itu, Mustari menegaskan, butuh analisis dan proyeksi yang mumpuni, agar semua potensi dapat menjadi aset yang dapat membawa daerah dan masyarakat Kabupaten Buton ke arah kesejahteraan. (Red)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.