Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Pemdes Tumada Gelar Pesta Adat Syukuran Akhir Tahun

Saturday, 30 December 2023 | 9:32 am
Reporter: Redaksi
Posted by: admin
Dibaca: 116

Cakraindonesia.co.id, Buton – Pemerintah Desa (Pemdes) Tumada, Kecamatan Kapontori, Buton, menggelar pesta adat syukuran akhir tahun di Baruga Desa Tumada, Sabtu (23/12/2023).

Turut Hadir dalam giat tersebut, Pj Bupati Buton yang diwakili Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Buton, Alimani, Ketua dan sejumlah anggota DPRD Buton, para Kepala OPD, dan para Kepala Desa lingkup Kecamatan Kapontori.

Dalam sambutannya, Alimani menyebut pesta adat syukuran akhir tahun tersebut merupakan kegiatan yang lenuh dengan nilai, norma dan tatakrama.

“Kalau kita berbicara tentang ritual pesta adat ini, untuk kita di Kabupaten Buton adalah sesuatu hal yang tidak patut lagi kita pertanyakan, apalagi diragukan, karena acara ini adalah merupakan acara yang penuh dengan nilai, penuh dengan norma, penuh dengan tatakrama,” katanya.

“Oleh karena itu, kita yang kali ini berkumpul di Baruga Tumada ini, patutlah kita merasa bersyukur ketika allah SWT memberikan kita rahmat dalam satu tahun, kita harus bisa melakukan instropeksi, sejauh mana rasa syukur kita kepada Allah, seberapa jauh usaha yang telah kita lakukan,” sambung Alimani.

Ia juga berharap kepada para pemuda, khususnya di Desa Tumada agar mendukung pelestarian budaya Desa Tumada yang telah ada.

“Kita selaku generasi ini, harus benar-benar pandai bersyukur, dan kita dididik untuk mengenal nilai dan etika budaya, seperti apa yang hari ini kita lakukan, sekaligus untuk melestarikannya,” ujarnya.

Berdasatkan pantauan media ini, giat tersebut berlangsung dengan meriah. Puluhan talang, yang berisikan aneka jenis hasil pertanian Desa Tumada, dihidangkan untuk para tamu. (Red)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.