Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Lokakarya 100 Tahun Aspal Buton, Asrun Lio: Kembalikan Kejayaan Aspal Buton

Wednesday, 15 May 2024 | 9:06 am
Reporter: Redaksi
Posted by: admin
Dibaca: 160

Cakraindonesia.co.id, Baubau – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara menggelar lokakarya nasional memperingati 100 tahun aspal Buton, di salah satu Villa di Kota Baubau, Selasa (14/5/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, kepada awak media mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut untuk mengembalikan kejayaan aspal Buton.

“Jadi kita sudah membuka acara lokakarya nasional memperingati 100 tahun aspal Buton, lokakarya ini bertujuan mengembalikan kejayaan aspal Buton ini,” kata Asrun Lio.

“Tentu dukungan dari pemerintah, pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga pemerintah daerah, semua regulasi yang dikeluarkan itu adalah untuk bagaimana agar pemanfaatan aspal Buton ini bisa menjangkau nasional, dan bahkan sebenarnya dalam sejarah kita aspal Buton inikan digunakan untuk seluruh dunia. Mengapa orang lain menggunakan, kok kita tidak menggunakan,” sambungnya.

Aspal Buton, terang Asrun Lio, telah melalui tahapan pengujian, baik kelayakan, kualitas hingga stok yang tersedia. Hasilnya, aspal Buton memiliki kualitas yang bagus.

“Kalau dia lebih baik kenapa kita tidak gunakan. Oleh karena itu, kebijakan bapak Presiden yang tahun 2024 ini, mulai dikurangi dan bahkan menghentikan aspal impor ini, itu harus menjadi tantangan bagi kita, bagi pemerintah Kabupaten Buton khususnya, agar kita mengeluarkan regulasi-regulasi yang memudahkan agar tata Niaga aspal Buton ini bisa mudah. Artinya terjangkau dan bisa dibeli oleh semua orang yang ada di wilayah Indonesia,” terangnya.

“Stok kita ada 662 juta ton. Jadi kebutuhan aspal kita secara nasional harusnya cukup. cuma sekarang yang harus kita buat regulasinya adalah bagaimana tata kelola tata niaganya,” lanjut Asrun.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Buton, Wa Ode Sitti Raymuna, menuturkan giat tersebut menghimpun berbagai narasumber dari kementerian guna mengakomodir kebijakan daerah yang bisa disinkronkan dengan kebijakam pusat.

“Tindaklanjutnya nanti ada beberapa rekomendasi dari peserta maupun narasumber, itu nanti akan dituangkan dalam kesimpulan dalam kegiatan lokakarya, dan akan kami sampaikan ke pemerintah pusat melalui perwakilan masing masing kementrian yang hadir menjadi narasumber pada hari ini,” ujar Wa Ode Sitti Raymuna.

“Kemudian juga dari pemerintah daerah bersama DPRD akan mengawal juga hasil atau rekomendasi yang dituangkan dalam kegiatan lokakarya ini,” pungkasnya. (Red)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.