Cakra Indonesia
NEWS TICKER

Kementerian PANRB Masif Gaungkan Perpres Nomor 82 Tahun 2023

Tuesday, 16 January 2024 | 10:12 am
Reporter: Redaksi
Posted by: admin
Dibaca: 207
Foto: Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas bertemu dengan dengan jajaran BNN, di Kantor Kementerian PANRB, Senin (15/1/2024). Humas Kementerian PANRB.

Cakraindonesia.co.id, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga untuk menindaklanjuti arahan presiden terkait transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional yang dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 tahun 2023. 

Anas menjelaskan saat ini Kementerian PANRB tengah fokus pada tiga fondasi transformasi digital, yaitu  goverment technology (Govtech), penguatan identitas kependudukan digital, dan optimalisasi Government Cloud. 

“Saya kira pekerjaan Bapak ini, sangat besar dan bisa real-time. Saya kira dengan digitalisasi, kedepan Bapak mesti siapkan ini, dan apalagi nanti akan ada GovTech,” imbuh Menteri PANRB di Kementerian PAN RB, Jakarta, pada Senin (15/1/2024).

Menteri PANRB Anas menyampaikan bahwa saat ini pemerintah juga akan segera menghadirkan Portal Nasional. Ia meminta agar aplikasi-aplikasi yang ada di instansi pemerintah dapat diintegrasikan ke dalam portal layanan umum.

Selain itu, Menteri PANRB Anas juga mengingatkan kembali bahwa birokrasi merupakan engine. Sebagai engine for development, baik tidaknya mesin birokrasi akan menentukan sejauh mana ketercapaian target-target pembangunan. Untuk itu Menteri Anas mendukung penerapan reformasi birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkup instansi pemerintah.

“Mungkin Bapak bisa pangkas proses bisnisnya ditambah digitalisasinya. Karena digitalisasi ini menjadi basis penilaian RB yang akan datang,” tuturnya.

 

infopublik.id

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

cakraindonesia.co.id Copyright 2020 ©. All Rights Reserved.